Mengetahui Trimester Pertama Kehamilan

Kehamilan trimester pertama atau dapat disebut juga 3 bulan pertama (12 minggu pertama), ibu hamil akan mengalami penambahan berat badan sekitar 1 atau 2 kg tapi dapat juga menurun akibat morning sickness.

Selama masa kehamilan tubuh ibu hamil bekerja lebih keras, detak jantung dan tingkat pernapasan akan lebih cepat. Hormon dapat membuat payudara menjadi lebih lembut ketika disentuh, dan menjadi lebih besar dan berat. Rahim akan lebih besar dan memberikan tekanan pada kandung kemih sehingga ibu hamil akan lebih sering buang air kecil.

Usia Kehamilan 3 Minggu
Selama minggu ke 3 telur yang telah dibuahi akan tertanam ke dalam lapisan rahim. Usia kehamilan dihitung dari hari pertama haid terakhir. Jika memiliki siklus haid teratur selama empat minggu, minggu ke-3 kehamilan akan menjadi minggu pertama setelah bayi dikandung. Pada usia ini terkadang banyak yang tidak mengetahui bahwa Anda sedang hamil. 

Usia Kehamilan 4 Minggu
Lapisan sel yang spesifik mulai berkembang, dan akan membentuk organ-organ bayi yang penting, seperti sistem saraf, tulang, otot dan darah.

Usia Kehamilan 5 Minggu
Beberapa wanita mungkin sudah mengalami mual dan muntah pada saat ini. Hal ini dikenal sebagai morning sickness namun dapat terjadi juga pada siang atau malam hari lama berlangsungnya sangat bervariasi dari satu wanita dengan yang lain. Kebanyakan ibu hamil yang mengalami morning sickness, biasanya makin parah pada akhir trimester pertama.
Pada minggu ke 5, ukuran janin sekitar 2 mm. Tulang, sum- sum tulang belakang, otak, dan otot sudah mulai terbentuk.

Baca Juga : Siklus Menstruasi Pada Wanita

Usia Kehamilan 6 Minggu
Ibu hamil akan merasa  kelelahan pada tahap awal kehamilan. Olahraga ringan yang teratur seperti berenang atau berjalan akan membantu menjalani kehamilan. Janin bayi  (disebut embrio) memiliki detak jantung. Darah akan mengalir ke janin dan dikeluarkan sepanjang tali pusat ke plasenta. Plasenta atau ari-ari adalah organ yang bertindak sebagai filter yang memungkinkan oksigen dan nutrisi agar lolos ke embrio, karbon dioksida dan produk limbah akan dihilangkan melalui plasenta juga.


Usia Kehamilan 7 Minggu
Beberapa wanita menjadi cukup emosional selama minggu-minggu awal kehamilan disebabkan oleh hormon kehamilan. Beberapa ibu hamil mungkin melihat bahwa payudara mereka lebih besar dan daerah (areola) sekitar puting mereka lebih gelap. Pada usia kehamilan ini sumsum tulang belakang bayi dan otak sedang berkembang dan bayi terletak dalam kantung membran dan didukung oleh cairan yang dikenal sebagai cairan ketuban. Lubang hidung dan bibir sekarang muncul di wajah dan mata dapat dilihat di bawah kulit.

Usia Kehamilan 8 Minggu
Anda akan mengalami muntah dan mual yang disebabkan oleh hormon kehamilan dan akan lebih sering mengalami buang air kecil karena peningkatan tekanan pada kandung kemih akibat rahim yang semakin membesar.
Janin sekarang sudah menyerupai wujud manusia, anggota badan janin dapat dilihat, tangan dan kaki terbentuk lebih sempurna semua ini merupakan pertumbuhan yang luar biasa, janin ini sekarang berukuran sekitar 1,3 cm.

Usia Kehamilan 9 Minggu
Konsumsilah air mineral (6-8 gelas per hari) yang akan membantu kulit agar tetap sehat dan mengurangi dehidrasi. Pada akhir minggu ini, bayi Anda sekarang disebut fetus, bukan embrio lagi. Anggota badan tumbuh dengan cepat, jari tangan dan kaki terbentuk. Kerangka bayi yang tadinya tulang rawan, sekarang berubah menjadi tulang sejati.

Baca Juga : Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Datang Bulan

Usia Kehamilan 10 Minggu
Perut terlihat lebih besar yang disebabkan oleh perubahan dalam usus (bukan rahim bertambah besar) dan tidak perlu dikhawatirkan. Ukuran rahim sekitar seukuran buah jeruk dan masih tersembunyi di dalam panggul. Janin sekarang sudah berukuran sekitar 2,5 cm, sudah memiliki jari-jari tangan dan kaki.

Usia Kehamilan 11 Minggu
Beberapa wanita mengalami sembelit. Perbanyak makan serat dan minum banyak air biasanya akan membantu mengatasi sembelit. Jika masih mengalami masalah, konsultasikan dengan dokter atau bidan. Organ dalam bayi semua terbentuk termasuk indung telur atau testis.

Usia Kehamilan 12 Minggu
Masalah morning sickness berkurang dan rasa lelah pun berkurang. Rahim terus tumbuh dan lebih tinggi dari panggul. Kepala janin menjadi lebih bulat dan kelopak mata telah terbentuk dan menutupi bola mata. Pergerakan bayi masih belum bisa dirasakan tetapi bayi sudah bergerak dalam cairan ketuban. Pada tahap ini detak jantung janin dapat didengar dengan detektor jantung janin

0 Response to "Mengetahui Trimester Pertama Kehamilan"

Post a Comment