Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Datang Bulan

Kebanyakan dari wanita yang  menyadari kehamilannya saat memasuki usia kehamilan 12 minggu. Hal ini disebabkan kurangnya pegetahuan mengenai tanda awal kehamilan. Mengetahui tanda awal kehamilan dapat membantu mengurangi resiko keguguran atau dapat menjaga asupan nutrisi pada tubuh dan janin dalam kandungan selama masa kehamilan. 

Tanda awal kehamilan biasanya dilihat pada telatnya datang bulan padahal belum tentu juga karena siklus menstruasi pada tiap wanita berbeda-beda hal ini dipengaruhi oleh faktor fisik, psikis, hormonal dan lingkungan.


sumber gambar : www.kesehatanaz.com

Ada beberapa faktor dibawah ini yang dapat membantu mengetahui bahwa anda sedang hamil sebelum mengalami telat haid diantaranya :

Suhu Tubuh

Cara pertama yang dapat anda ketahui sebagai tanda awal kehamilan sebelum telat haid yaitu dengan mengukur suhu tubuh biasanya wanita yang mengalami pembuahan akan mengalami suhu tubuh yang meningkat dari suhu normal.

Proses yang berlangsung yaitu ketika sebelum pembuahan akan turun dan mengalami lonjakan setelah naik lagi. Suhu tubuh akan terus meningkat hingga 0,4-0,6 derajat dari suhu normal.

Baca Juga : Posisi Berhubungan Saat Hamil

Nyeri Pada Bagian Perut

Tanda kehamilan selanjutnya adalah kondisi tidak nyaman di area perut bagian bawah. Ketika pembuahan berlangsung beberapa wanita mengalami rasa nyeri dibagian perut bawah. Bahkan disertai dengan rasa sakit pada bagian punggung bawah akan tetapi rasa sakit yang dialami hanya sebentar saja tanpa berlangsung lama.
Banyak yang tidak dapat membedakan antara sakit perut akibat kehamilan dengan sakit saat PMS karena rasa nyeri pada bagian perut hampir sama.

Perubahan pada area kewanitaan

Perubahan yang terjadi pada area wanita berupa bibir dari area kewanitaan yang berubah warna untuk kondisi normal berwarna merah muda sedangkam ketika mengalami ovulasi berubah menjadi lebih pucat. Ditambah lagi dengan keluarnya cairan menyerupai keputihan akan tetapi bukan keputihan melainkan karena cervical mucus yang sangat tipis sehingga mengeluarkan cairan pada saat pembuahan.

Mual

Pemicu mual dan muntah pada wanita yang mengalami kehamilan disebabkan oleh peningkatan hormon secara tiba-tiba dalam aliran darah yaitu HCG (Human chorionic Gonadotrophin) yang dihasilkan plasenta di awal kehamilan. Selain didalam darah, peningkatan hormon terjadi pada saluran air kencing.Peningkatan hormon akan mengakibatkan sakit atau nyeri pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual.

Tanda kehamilan sebelum datang haid sangat penting untuk diketahui oleh wanita agar dapat menjaga asupan nutrisi dan menjaga kesehatan ibu dan janin. 

0 Response to "Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Datang Bulan"

Post a Comment