Tanda-Tanda Awal Kehamilan

admin
By -
0
Kehamilan merupakan suatu hal yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri yang mendambakan buah hati. Terkadang seorang wanita belum menyadari tanda awal kehamilannya dan tak sedikit pula yang masih bingung membedakan tanda kehamilan dengan tanda akan datang menstruasi karena banyak kasus yang mengalami tanda kehamilan mirip dengan tanda datangnya menstruasi. Ketidaktahuan mengenai hal ini untuk beberapa kasus dapat menyebabkan terjadinya keguguran.

Kebanyakan dari perempuan menilai awal tanda kehamilan yaitu terlambat menstruasi. Tak dapat dipungkiri memang satu dari beberapa tanda kehamilan yaitu telat menstruasi. Namun perlu diketahui juga bahwa terlambat menstruasi bukan disebabkan oleh kehamilan banyak faktor yang mempengaruhi terlambat menstruasi seperti pola makan yang tidak sehat, gangguan hormon atau stress. 

Pada dasarnya tanda kehamilan dibagi menjadi 3 bagian diantaranya adalah tanda kehamilan yang tidak pasti, tanda kemungkinan kehamilan dan yang terakhir mengetahui tanda kehamilan yang pasti. Untuk mengetahui kehamilan anda pasti, berikut beberapa tanda umum kehamilan diantaranya :

Perubahan Payudara

Tanda yang muncul Jika terjadi kehamilan yaitu terjadinya perubahan pada payudara yang akan membesar, disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon Esterogen dan Progesteron, kondisi payudara terasa lembut dan menimbulkan rasa sensitif yang lebih tinggi, sehingga payudara akan terasa sakit atau nyeri saat dipegang. Puting susu akan ikut membesar berwarna gelap dan terkadang terasa gatal. Pembuluh vena pada payudara juga akan terlihat akibat penegangan payudara.
Selain itu terjadi aktivitas hormon HPL (Human Placental Lactogen). Hormon tersebut diproduksi oleh tubuh saat ibu mengalami kehamilan untuk mempersiapkan ASI bagi bayi setelah dilahirkan.

Mual dan muntah (Morning sicknes)
Pemicu mual dan muntah pada wanita yang mengalami kehamilan disebabkan oleh peningkatan hormon secara tiba-tiba dalam aliran darah yaitu HCG (Human chorionic Gonadotrophin). Selain didalam darah, peningkatan hormon terjadi pada saluran air kencing.Peningkatan hormon akan mengakibatkan sakit atau nyeri pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual. Rasa mual biasanya akan menghilang memasuki kehamilan trimester kedua. Jika, rasa mual dan muntah masih terjadi pada usia kehamilan trimester kedua, sebaiknya periksakan dan konsultasikan dengan dokter.
Mual dan muntah ini biasa disebut dengan morning sickness karena terjadi saat di pagi hari. Namun tak sedikit juga yang mengalami mual dan muntah pada siang dan malam hari.

sumber gambar : www.tandacirioranghamil.com


Pusing dan sakit kepala
Bila anda mengalami sakit kepala atau pusing dapat diakibatkan oleh faktor fisik seperti rasa lelah, mual, lapar dan tekanan darah rendah. 

Rasa lelah dan mengantuk yang berlebih
Pada ibu hamil rasa lelah dan mengantuk sering terjadi hal ini disebabkan oleh perubahan hormonal, bertambahnya kinerja dari beberapa organ vital seperti ginjal, jantung, dan paru-paru. Karena organ-organ vital ini tidak hanya bekerja untuk mencukupi kebutuhan ibu saja tapi juga perkembangan janin. 

Sering buang air kecil 
Setelah haid terlambat satu hingga dua minggu, ibu hamil akan mengelami sering buang air kecil yang disebabkan janin yang tumbuh dalam rahim menekan kandung kemih serta adanya peningkatan sirkulasi darah. Peningkatan buang air kecil juga disebabkan oleh peningkatan hormon kehamilan untuk itu hindarkan dehidrasi dengan lebih meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh.

Sembelit
Tanda kehamilan lainnya yaitu sembelit yang terjadi akibat peningkatan hormon progesterone yang dapat mengendurkan otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar.

Mengidam
Tanda yang sudah umum pada kehamilan yaitu mengidam, mengidam merupakan kondisi dimana wanita yang sedang hamil muda menginginkan makanan atau sesuatu hal yang harus dituruti pada saat itu juga. Ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa keinginan wanita yang sedang hamil muda tidak turuti akan berakibat tidak baik bagi jabang bayi. Namun tak selamanya orang yang ngidam itu hamil.

Naiknya temperatur basal tubuh
Jika terjadi kehamilan atau ovulasi, maka suhu basal tubuh akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan. Kondisi ini tidak akan turun ke kondisi sebelum terjadinya ovulasi.

Melakukan Test Urin
Untuk memastikan adanya kehamilan cara awal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan tes urin. 

Demikian tanda-tanda kehamilan yang dapat terjadi pada wanita. 
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)