Pengobatan Untuk Keputihan Gatal

Setiap wanita tentunya pernah mengalami keputihan, hal ini sangat wajar terjadi biasanya muncul sebelum dan sesudah menstruasi. Keputihan sendiri memiliki kondisi yang berbeda-beda tergantung dari karakternya seperti putih, penuh air, lengket, hijau kekuningan atau bau yang tidak sedap dan setiap tanda keputihan yang berbeda memberikan petunjuk mengenai kondisi kesehatan reproduksi wanita. Terkadang keputihan dapat menimbulkan sensasi gatal pada area kewanitaan.

Melakukan berbagai perawatan keputihan sangat penting untuk menyembuhkan dan menjaga kesehatan reproduksi. Berikut beberapa cara mengobati keputihan.

Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan
Hal pertama untuk mengatasi keputihan adalah dengan menjaga kebersihan area kewanitaan. Usahakan menggunakan pakaian dalam dan luar yang tidak terbuat dari katun karena menyebabkan area kewanitaan menjadi tidak lembab dan kering. Hindari pula menggunakan bahan sintetis karena dapat menyebabkan panas dan menghasilkan keringat berlebihan. Gunakan celana yang tidak terlalu ketat sehingga area kewanitaan menjadi lebih nyaman. 

Hindari Penggunaan Cairan Pembersih Vagina
Banyak beredar cairan pembersih vagina yang dapat didapatkan dengan mudah bahkan tanpa adanya resep dokter. Cairan pembersih vagina dapat meningkatkan jumlah keputihan. Bahan kimia dalam cairan ini menyebabkan kerusakan pH murni dalam area vagina dan mematikan bakteri yang baik. Karena itu sebaiknya hindari penggunaan cairan pembersih vagina saat keputihan. 

Mengonsumsi Jahe
Jahe merupakan jenis tanaman rimpang yang dipercaya memiliki khasiat yang sangat tinggi. Rimpang jahe mengandung senyawa alami yang bisa berfungsi untuk mencegah radikal bebas dan juga melawan infeksi bakteri dan virus. Bahkan ini juga bisa melawan bakteri jahat yang berkembang dalam vagina. Caranya dapat dengan meminum jahe dengan cara merebus satu ruas kecil jahe segar didalam satu gelas air sampai mendidih, minumlah air jahe saat masih hangat dan dapat dicampur dengan gula atau madu.

Sumber gambar : www.hellosehat.com

Menggunakan Panty Liner
Cara mengatasi keputihan yang berbau pada wanita dapat memanfaatkan panty liner. Untuk mengatasi keputihan maka wanita juga bisa menggunakan panty liner. Pembalut tipis dan nyaman ini akan merubah kondisi pH dalam vagina dan memerangi pertumbuhan bakteri buruk yang berlebihan. Wanita disarankan untuk memilih jenis panty liner yang terbuat dari kapas murni dan bisa membentuk kondisi lingkungan yang nyaman untuk vagina. Hindari jenis panty liner yang terbuat dari campuran bahan sintetis. 

Konsumsi Air Mineral
Cara lainnya yaitu dengan banyak mengonsumsi air mineral. Air mineral dapat mengeluarkan racun dalam tubuh lewat saluran sekresi. Racun yang keluar dapat menyeimbangkan kembali metabolisme tubuh dan pH dalam organ reproduksi. 

Jangan Stress atau Depresi
Stress dan depresi dapat terjadi pada wanita yang isbuk dengan pekerjaan dan aktifitasnya, hal ini dapat menggangu keseimbangan pH dan menyebabkan keputihan, untuk itu kendalikan tingkat depresi. 

Rebusan Daun Sirih
Mengatasi keputihan yang gatal dan berbau dapat dengan daun sirih. Air rebusan daun sirih bisa membantu membersihkan vagina dan meningkatkan produksi bakteri baik. Caranya rebus satu atau dua lembar daun sirih dalam satu atau dua gelas air hingga mendidih. Kemudian saring dan minum airnya selama dua atau tiga kali dalam sehari. Jika dilakukan secara rutin maka bisa menyembuhkan keputihan dengan lebih cepat.

Makan Sayuran Hijau
Sayuran mengandung sejumlah senyawa seperti zat klorofil alami, zat besi, vitamin dan mineral lain yang lengkap. Senyawa dan zat inilah yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terkena infeksi dari bakteri dan jamur pada bagian vagina. Mengkonsumsi sayuran hijau juga akan membantu mempertahankan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Penggunaan Obat Antibiotik
Biasanya dokter akan merekomendasikan penggunaan antibiotik untuk mengatasi keputihan akibat infeksi dari jamur dan bakteri. 
Pemberian obat antibiotik hanya akan dilakukan setelah perawatan cara alami sudah tidak bisa mengurangi keputihan. Obat ini bisa menyebabkan beberapa efek seperti kelelahan dan mual yang berlebihan.

0 Response to "Pengobatan Untuk Keputihan Gatal"

Post a Comment